RSS

Siluet Jingga

Selamat Datang di Telaga Inspirasiku....
Semoga kalian menikmati dan menemukan beribu Hikmah di Setiap Jengkal Telaga Inspirasiku..

Join This Site and Load The Guess Book


Anak Sejuta Bintang: Kisah Masa Kecil Anak Negeri



Anak Sejuta Bintang

Di bawah siraman cahaya bintang, bocah lelaki itu mengusap wajah. Menyeka air mata yang seketika menggenang di pelupuk mata. Ia teringat tatapan teman-teman sekelas, seolah serempak menghunjamkan berbagai pertanyaan. Padahal ia sendiri tak tahu menahu dari mana kekalahan itu bermula. Tak ada yang salah, segala hal telah dilakukan dengan seksama. Dipaksa nasib menerima kenyataan yang tak terbayangkan.

Di langit, lintang waluku berkedip memamerkan cahaya yang cemerlang. Bocah itu telah menempuh perjalanan panjang penuh cahaya. Dididik “sejuta bintang”  mumpuni, dan tumbuh dalam dekapan cinta ayah- ibundanya. Maka ia tak ingin tenggelam lebih lama, mesti berjuang lebih gigih, seperti harapan “sejuta bintang” yang mengitari hidupnya.

Ini lah novel yang berkisah tentang keriangan dan kegilaan dunia anak-anak. Diramu dari sengitnya persaingan, percikan-percikan cinta, hangat kebersamaan dan keluguan yang menggemaskan. Tegangan mencekam dan inspirasi tak bertepi membuat novel ini kaya warna.  Novel ini menggugah kesadaran kita, bahwa kesuksesan seseorang tidak ditentukan oleh kekayaan maupun status orang tua. Namun kesuksesan berasal dari pola didik yang benar dan tepat.

Novel biografis yang mengulas tentang masa kanak-kanak Ical (Aburizal Bakrie) hingga beranjak remaja. Bagaimana ia hidup dalam kemapanan namun hal itu tidak menjadikan Ical sebagai anak yang manja dan suka bergantung pada orang tuanya.

Diceritakan pula bagaimana keadaan ayah Ical dalam menjalankan usahanya yang pernah sampai gulung tikar, namun dengan semangat tak kenal lelah untuk membahagiakan istri dan anaknya, ayah Ical berusaha segenap daya dan tenaga untuk terus mempertahankan usahanya hingga ia menjadi pengusaha yang terbilang sukses.

Juga tentang pengalaman ayah Ical yang sebelum menjadi orang kaya, pernah memulai menapaki dunia usaha dengan berdagang roti kecil-kecilan.  Sehingga dari kecil, jiwa ayah Ical telah ditempa oleh kehidupan untuk memiliki mental tak kenal lelah,dan terus berjuang menggapai cita-cita yang diidamkan.
Di dalam buku setebal 405 halaman ini juga diselipi oleh sedikit unsur-unsur sejarah yang mungkin sudah menjadi bagian dari hidup Ical semasa kecil. Petikan-petikan nasehat penuh hikmah juga tersemat dalam kisah-kisah Ical mengarungi kehidupan masa kecilnya. Beserta cuplikan pengajaran dan didikan pak Bakrie, ayah Ical, dalam menghadapi tingkah pola anak-anaknya.

Dengan penulisan yang lugas, gaya bahasa yang segar dan menghibur, novel ini patut dibaca oleh semua orang tua, pendidik, anak-anak dan remaja. Karena memuat nilai-nilai luhur yang patut dipetik oleh generasi penerus bangsa.

Novel ini mengandung banyak hikmah dan pelajaran akan lika-liku kehidupan yang selalu beriring dengan kesuksesan dalam hidup. Mengajarkan kita akan kebijaksanaan sikap dalam menghadapi segala masalah yang datang.

Buku ini baik digunakan untuk dasar pengajaran anak, terutama di masa pertumbuhan. (Nh. Dini)

By: M. Adib Susilo – 2012

Judul Buku: Anak Sejuta Bintang: Perjalanan Panjang Penuh Cahaya
Penulis: Akmal Nasery Basral
Penerbit: Expose (Group Mizan)
Terbit: Cet. I Januari 2012
Tebal: 405 halaman
ISBN: 978-602-99072-2-3

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

dianputu said...

Waduh, resensi kamu bagus-bagus. Aku masih kalah jauh sama kamu :D

Post a Comment