RSS

Siluet Jingga

Selamat Datang di Telaga Inspirasiku....
Semoga kalian menikmati dan menemukan beribu Hikmah di Setiap Jengkal Telaga Inspirasiku..

Join This Site and Load The Guess Book


Resensi Novel dimuat di RimaNews.com 7 Juni 2013 (1)



Sebuah Kebanggan dari Jalanan, Kisah yang Tak Terungkap

Jika hingga saat ini kau belum pernah mendengar seorang konsultan detektif terbaik di dunia, Mr. Sherlock Holmes, tak diragukan lagi, kau telah menghabiskan umurmu di atas sebuah batu raksasa, atau mungkin kau dibesarkan oleh serigala di alam liar. Aku membicarakan seorang pengungkap kejahatan paling cerdas dan terkenal sepanjang masa- yang menjadi cikal bakal penyelidikan modern kejahatan! Prolog tajam yang  mengawali buku serial Sherlock Holmes dan Laskar Jalanan Baker Street.

Novel ini mengajak kita berpetualang ke tahun-tahun terakhir era Victoria di Inggris. Memperlihatkan sepak terjang anak-anak jalanan yang menjadi kaki tangan Sherlock Holmes pada banyak kasus yang ia tangani. Mereka oleh Holmes diberi nama Laskar Jalanan Baker Street, yang keberadaannya hanya sedikit sekali disebut-sebut dalam kisah yang ditulis Dr. Watson, patner andal yang selalu setia menemani Holmes mengungkap kejahatan.

Berawal dari peristiwa kematian tiga bintang sirkus, Walenda Bersaudara, Holmes kedatangan tamu istimewa di flatnya, Pangeran Wales. Holmes dipanggil Yang Mulia Ratu Victoria, melalui putranya, Pangeran Edward untuk menyelidiki suatu pencurian paling ganjil The Stuart Chronicle, salah satu buku  paling berharga di seluruh dunia, baik karena rahasianya, maupun batu-batu mulia penghiasnya. Buku yang oleh Charles II diciptakan sebagai buku harian pribadi untuk merekam pikiran-pikiran  serta pandangan-pandangan dari setiap monarki. Dan berfungsi sebagai penghubung yang memberikan kesinambungan terhadap pemegang takhta. (hal. 173)

Holmes berkeyakinan bahwa ada benang merah yang terhubung antara kematian Walenda bersaudara dengan hilangnya The Stuart Chronicle. Laskar Jalanan pun beraksi. Mereka menuju Sirkus Grand Barboza, tempat dimana Welenda Bersaudara menjemput ajalnya. Masing-masing memilih pemain sirkus pilihannya untuk mengorek keterangan yang berhubungan dengan kematian Walenda Bersaudara. (hal. 169)
Elliot berhadapan dengan Pelatih Singa, Rohan bertemu si Kembar Jekyll dan Hyde, Wiggins dengan Clarence Manusia Meriam, Alfie secara tidak sengaja mendengarkan pembicaraan Jones Bersaudara si Penari Akrobat yang merupakan rival dari Walenda Bersaudara, sedangkan Ozzie tertangkap oleh Madam Estrella sang Peramal. Mereka sadar, bahaya terus mengintai mereka. Maka, mereka harus tetap waspada terhadap keadaan di sekelilingnya.

Dan novel ini mencapai klimaksnya saat Wiggins menemukan senjata pembunuh yang tertinggal di tumpukan serbuk gergaji, Holmes memperlihatkan tali yang telah disabotase saat dipakai Walenda Bersaudara beratraksi di penghujung hidupnya, dan Ozzie mengetahui identitas si penjual tali. Beserta bukti-bukti yang ditemukan Holmes di Kediaman Yang Mulia Ratu Victoria, perburuan mereka tinggal menunggu waktu.
Sebuah novel dengan teori-teori deduktif yang tajam dan memikat dalam memecahkan setiap kejahatan. Penyajian cerita dengan gaya yang meledak-ledak yang mampu mencampuradukkan perasaan para pembaca, ketegangan, keingintahuan, dan tentunya akhir cerita yang tak akan pernah terpikirkan dalam benak kebanyakan orang. 

Novel ini diimbangi dengan kisah keseharian Laskar Jalanan Baker Street. Dimana belum pernah ada buku yang mengungkap secara gamblang keterlibatan geng anak-anak jalanan Baker Street. Ozzie dengan otak cemerlangnya yang begitu mengagumi Holmes dan metode deduksinya, Wiggins anak jalanan cerdas yang memperdaya para penjahat, Rohan seorang raksasa yang lembut hatinya, Elliot si pengancam, Alfie bocah lelaki kecil yang baik hati dan terbuka, dan juga anak-anak lainnya yang bisa ditemukan dalam buku ini. Mereka lah informan Holmes di jalanan. Mereka kumpulan dari anak-anak jalanan dengan nasib yang tak jauh beda, bersatu untuk mencoba hidup berbagi satu sama lain. Mengajak kita menalar, tentang arti kehidupan. Sesulit apa pun hidup yang mereka jalani, mereka tidak putus asa. Mereka sadar mereka adalah orang-orang tersisih, tetapi satu hal yang mereka yakini, mereka ada untuk orang lain.

Buku ini selain mengajarkan arti pentingnya sebuah ikatan persaudaraan, dari tiada menjadi ada, juga sebuah bahan bacaan yang mampu mengasah daya analisa dan deduksi kita. Tidak hanya diperuntukkan untuk para penikmat cerita misteri dan detektif namun juga sesuai untuk kalangan remaja maupun orang dewasa.

Judul Buku    : Sherlock Holmes & Laskar Jalanan Baker Street #1: Misteri Kematian Bintang Sirkus
Penulis            : Tracy Mack dan Michael Citria
Penerjemah    : Maria M. Lubis
Penerbit          : Qanita (Mizan Group)
Cetakan          : VI, Maret 2012
Tebal              : 308 halaman
ISBN               : 978-602-8579-23-0
Peresensi        : M. Adib Susilo, Mahasiswa IAIN Walisongo dan anggota Forum Lingkar Pena Semarang

Link: http://www.rimanews.com/read/20130607/105715/sebuah-kebanggaan-dari-jalanan-kisah-yang-tak-terungkap

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment