RSS

Siluet Jingga

Selamat Datang di Telaga Inspirasiku....
Semoga kalian menikmati dan menemukan beribu Hikmah di Setiap Jengkal Telaga Inspirasiku..

Join This Site and Load The Guess Book


Cinta dan Rindu dalam Sewindu





Sewindu, Cinta  Itu Tentang Waktu

Sewindu, sebagai sebentuk ukiran-ukiran kata berjiwa seorang Tasaro GK dalam memaknai dan menghikmahi cinta, bertutur tentang kisah perjalanan hidupnya, mulai dari kehidupan pernikahannya, pergulatannya dengan dunia tulis-menulis, hingga pemaknaannya akan keluarga kecil dan keluarga besarnya. Bergaya tutur lugas, mengalir dan santai ala cerpen. Keseluruhan  kisah yang merangkai satu energi, yakni cinta, yang terbawa dalam pusaran waktu sewindu.

Semua tampak berbeda dari setiap karya yang diramu apik dalam kisah-kisah fiksinya, semua terasa lebih “bertutur” karena dalam Sewindu ia bernarasi tentang setiap jengkal episode dan wilayah hidupnya dalam kebersahajaan, kejujuran bahkan kejenakaan.

Ia menjumpai banyak pribadi yang mengisi setiap ruang hidup dan pribadinya, dari masa kanak-kanak hingga usia matangnya dan bermetamorfosis menjadi seorang ayah. Bersinggungan dengan dengan gempita dunia kampus dan komunitas yang digelutinya, bahkan ia memasuki riuhnya dunia kerja yang kompleks dalam arus gelombang yang bertumbuh.

Yah, arus itu bernama cinta, dan cinta itu tentang waktu.

“Hari ini, jika ada seseorang yang menampik bahwa ibu rumah tangga butuh profesionalisme dan dedikasi luar biasa, saya siap habis-habisan mendebatnya. Saya pikir, siapa pun yang betul-betul mencermati seorang ibu rumah tangga dalam berpikir, berkeputusan, dan bergerak, ia akan buru-buru berhenti memandang profesi ini sebelah mata.” (hal.33)

“Lelaki bugar berhati sentimentil itu jatuh cinta pada cara istrinya menyetrika baju.” Mencinta dengan Sederhana. (hal. 41)

“Ekspresi cinta suami kepada istri atau orang tua kepada anak jelas sangat beragam. Setiap mereka memilih cara tersendiri untuk mengungkapkan rasa sayang. Ada yang betul-betul demonstratif, tetapi banyak juga yang menyimpan rapat di hati. “ (hal. 72)

“Memahami kekurangan suami atau istri adalah sebuah fase mencengangkan. Sedangkan, menerima kekurangan itu kemudian mengusulkan kompromi logis untuk sebuah perbaikan adalah sebuah tahap yang spektakuler. Saya akan sangat menghargai proses ke arah itu.” Just The Way I Am. (hal. 79)

“Saya mencintai dan berbangga terhadap keluarga saya, sungguh. Tapi, saya ingin membuat sebuah pengakuan bahwa hidup saya begitu kaya dan bermacam-macam warnanya karena karakter para sahabat yang bermacam-macam, juga banyaknya peran dan kontribusi mereka terhadap hidup saya, pendewasaan diri saya.” (hal. 266)

Sewindu, Cinta itu (Akhirnya) tentang waktu. “Mencintai pada tingkat yang solid adalah komitmen. Terkadang, rasa terombang-ambing dan membuat bimbang. Ada waktunya kata-kata mesra sudah terkunci  dan sulit dikeluarkan lagi. Namun, ketika komitmen itu terjaga. Keinginan untuk membangun kehidupan yang berarti terus dijalani, itulah cinta. Seharusnya Cinta menjadi energi pembangun yang tak ada habisnya.”

“Sewindu, delapan tahun adalah waktu yang bisa jadi lama atau malah sebentar. Tapi bagi saya, itu rentang waktu yang cukup untuk menimbang cinta. Mengalami banyak hal bersama Mimi, menyikapi setiap permasalahan, mencari solusi dan menjalani paket kehidupan yang berbagai warna dan rasa, memunculkan sebuah konklusi: Cinta Itu Tentang Waktu.”


               - Tasaro GK –


Begitu banyak hikmah hidup di dalam buku Sewindu, terserak pesan-pesan kehidupan dalam setiap jengkal kisah perjalanan hidup seorang Tasaro GK. Dengan bahasa yang lugas dan penuturan yang apa adanya, Tasaro berhasil membuat pembaca berlinang air mata saat menikmati detik kebersamaan Tasaro bersama sang Istri tercinta mengarungi kehidupan pernikahan dalam segala kesederhanaan, keterbatasan dan kekomplekan masalah dalam kehidupan bermasyarakat. dan segala usaha dalam setiap  tetes perjuangan seorang Tasaro yang tak ingin tergerus kerasnya gelombang hidup akan menggetarkan jiwa para pembaca. Selamat Membaca.

Judul Buku: Sewindu, Cinta Itu Tentang Waktu
Penulis: Tasaro GK
Penerbit: Tiga Serangkai
Cetakan: I, Maret 2013

* Resensi sedang proses dimuat di Harian Koran Jakarta.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment