RSS

Siluet Jingga

Selamat Datang di Telaga Inspirasiku....
Semoga kalian menikmati dan menemukan beribu Hikmah di Setiap Jengkal Telaga Inspirasiku..

Join This Site and Load The Guess Book


Resensi Buku dimuat di Majalah Islam Wasathon 22 Juni 2013 (4)




Renungan Sukses Menjalani Hidup

Salah satu hal yang sering menyebabkan orang terjebak  terutama dalam lingkup generasi muda, adalah mereka tidak memahami hakikat hidup yang mereka jalani, untuk apa dilahirkan dan harus melakukan apa di kehidupan ini. Padahal pemahaman kita terhadap hidup ini, seperti itu lah kita menjalaninya. Dan akibat dari ketidaktahuan mereka akan esensi hidup adalah terciptanya generasi yang terkungkung dalam ketidaktegasan bersikap. Sementara itu waktu terus berjalan menuju masa yang telah ditetapkan bagi mereka, sedang mereka belum berupaya optimal menjalani kehidupan sebagaimana tuntunan-Nya dan mempersiapkan bekal untuk menghadap Sang Khalik.

Renungan-renungan dalam buku ini adalah ikhtiar penulis untuk memahami kehidupannya, yang tentunya tidak luput dari proses belajar yang panjang, dan bersentuhan dengan elemen-elemen yang ada di sekelilingnya, mulai dari para guru, buku-buku, serta realita yang ada di masyarakat. Hal ini tercermin dalam beberapa kisah yang diangkat dari pengalaman penulis di kehidupan nyata, seperti kisah Pak Guru Kami yang menyadarkan penulis bahwa hidup di dunia ini hanya mampir saja. Sehingga sikap kita, hendaknya seperti seorang pengembara atau mungkin juga seperti seorang perantau.

Penulis juga mengangkat kisah-kisah hikmah yang pernah terjadi di kehidupan Rasulullah beserta zaman para Sahabat Rasul, sebagaimana dalam kisah Amanah, Kampung Abadi, khaliifah, sebaik-baik bekal, maupun jalan lapang, yang kesemuanya itu diramu dengan bahasa yang lebih ringan dan kaya akan nasehat dan ikhtisar hidup. Diantara 30 renungan agar sukses menjalani hidup ini terselip pula kisah-kisah jenaka, namun tetap syarat akan kandungan hikmah di dalamnya sebagaimana terrefleksi pada kisah Si Dungu yang Cerdik.

“Dalam hidup ini, akan banyak sekali kejadian yang kita hadapi. Berbagai rasa kehidupan pun akan kita kecap. Berbagai warna kehidupan akan kita lihat. Namun, semuanya itu tidak lah begitu penting. Yang lebih penting dari itu adalah apa sikap yang kita ambil dari setiap kejadian dalam hidup ini. Mungkin yang kita alami tidak jauh berbeda dengan orang lain, tapi sikap kita terhadap sesuatu itu lah yang membuat nilainya berbeda.” (hal. 104)

Secara umum, buku setebal 240 halaman ini mampu mengemas sekian banyak hal yang terjadi dalam keseharian kita, menjadi perumpamaan penuh hikmah dalam kita berproses mengarungi perjalanan hidup agar lebih memahami hakikat hidup. Bukan hanya sekedar menjalani, namun lebih dari itu yakni menjalani dengan penuh makna sehingga memperoleh kesuksesan hidup.  Sukses dalam pandangan manusia, juga sukses dalam pandangan Allah. Serta memuat pesan-pesan kehidupan yang tak kalah pentingnya.

Buku ini merangkum berbagai topik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, dibahas secara ringkas, sehingga mudah dipahami. Meskipun apa yang ada dalam buku ini hanya mencakup sebagian kecil saja warna-warni kehidupan, buku ini telah mampu melahirkan inspirasi pada para pembaca dan berhasil mengajak kita untuk merenungi  hal-hal yang lebih penting dan utama dalam hidup ini.

Buku yang patut menjadi rujukan bagi setiap orang yang ingin lebih memaknai hidup, serta para remaja yang sedang berproses menapaki hidup yang serba keras ini. Agar tujuan hidup kita di dunia ini tercapai dan memberikan manfaat tidak hanya pada diri sendiri, tapi juga orang lain.

M. Adib Susilo, Mahasiswa IAIN Walisongo Semarang, Pegiat dan penikmat buku di PesMa Daarun Najaah.

Judul Buku: 30 Renungan Agar Sukses Menjalani Hidup
Penulis: Sirot Fajar
Penerbit: Media Azzahra
Cetakan: I, 2013
Tebal: xii + 240 Halaman
ISBN: 978-602-99572-4-2

Link: http://wasathon.com/resensi-buku/view/2013/06/22/renungan-sukses-menjalani-hidup

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment