RSS

Siluet Jingga

Selamat Datang di Telaga Inspirasiku....
Semoga kalian menikmati dan menemukan beribu Hikmah di Setiap Jengkal Telaga Inspirasiku..

Join This Site and Load The Guess Book


PESAN EINSTEIN BUAT SASTRAWAN MUDA

 Disiplin marketing modern mengatakan, "Ciptakanlah diferensiasi --keperbedaan-- yang menyebabkan dirimu beda dengan yang lain maka kau akan menang!" Jangan jadi tipe all zise, ukuran yang semua orang pakai, jadi jenis kacangan.
 
Di seberang disiplin ilmu lain, Albert Einstein mengatakan, "Persolan tidak bisa dipecahkan di tingkat persoalan itu dilahirkan!"
Artinya, keluarlah dari zona dimana persoalan itu dilahirkan.
 
Mereka yang tinggal di daerah kumuh pasti akan tertimpa banyak masalah sosial, seks harasmen, kekerasan, minuman keras, KDRT, pencurian dan banyak lagi. Maka kalau ingin segera terbebas dari semua yang tak mengenakan ini segera pindahlah ke daerah kehidupan masyarakat normal --meski pun tidak otomatis bebas seratus persen-- setidaknya kejahatan di daerah normal masih pakai kemasan kesantunan.
 
Bagaimana ingin jadi sastrawan remaja yang punya "diferensiasi" kuat, lain dari yang lain? Kembali ke hukum Einstein, pergilah dari zona remaja, supaya kamu berbeda dengan remaja umumnya.
 
Mulailah jadi pembaca "generalis" ya baca cerpen, ya baca psikologi, sosiologi, ekonomi, politik sebagai sebuah "paket" interdisiplin ilmu. Tulisan ini saja sudah mengutip tiga disiplin ilmu: marketing, Fisika Quantum Einstein, sosiologi kekumuhan sosial, dan problem urban (masyarakat kota) yang tadi sya tekankan --kelihatannya saja normal-- namun bukannya otomatis bebas dari kejahatan terselubung.
 
Sastrawan adalah sebutan untuk produk multi dimensional,itulah karya-karya sastra mempunyai kekuatan tembus segala jaman dan persoalan.
 
Tanpa kedalaman, "sastrawan" hanya akan melahirkan karya-karya jamur yang mekar hanya di musim-musim tertentu, setelah itu tenggelam ke lumpur jaman.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment